Harga Terbaik untuk Pembuatan PT Perorangan Online

Mengapa mendirikan PT Perorangan di Temanlegal? Syarat hanya KTP dan NPWP. Proses online, selesai dalam 3-4 hari. Akta dikirim ke rumah Anda. 💯

Kenapa harus membuat badan usaha?

Dipercaya oleh 1.000+ bisnis

Lebih dari 1.000 bisnis telah memilih Temanlegal sebagai partner legalnya.

incorporation/arkiv
incorporation/rr
incorporation/pitchplay
incorporation/devixel
incorporation/katsunyaka
trademark/adler
incorporation/jayrosse
trademark/orca
incorporation/lokasaji
incorporation/mamitoko
incorporation/fuller
trademark/bloom
trademark/highty
trademark/innovasyst
trademark/kenider
incorporation/hapsengkee

Harga terbaik untuk memulai usaha Anda

Biaya Pendirian PT Perorangan

Silver

Rp. 1.000.000
Pengecekan Nama
Pernyataan Pendirian
Sertifikat Pendirian
e-NPWP Badan Usaha + SKT Pajak
NIB
Pernyataan UMK terkait Tata Ruang
Sertifikat Standar (untuk resiko rendah)

Gold

Rp. 1.500.000
Pengecekan Nama
Pernyataan Pendirian
Sertifikat Pendirian
e-NPWP Badan Usaha + SKT Pajak
NIB
Pernyataan UMK terkait Tata Ruang
Sertifikat Standar (untuk resiko rendah)

Media

ardan
indigo
LPIKITB
rumah-bumn
STHB
tribun-jabar

Badan usaha yang didirikan hanya dengan satu orang

PT Perorangan

Merupakan Perseroan Perorangan yang didirikan oleh Perorangan dan pendiriannya berdasarkan Surat Pernyataan Perseroan. Dalam hal Anda tidak punya rekan untuk mendirikan PT maka dapat menggunakan alternatif Perseroan Perorangan. Bagi UMKM ini merupakan kesempatan Anda untuk mendirikan suatu Perusahaan.

Lebih baik PT atau PT Perorangan?

Hal tersebut kembali kepada kebutuhan Anda, apakah Anda bertujuan mendirikan usaha menengah dan besar? Jika iya, maka Anda disarankan untuk mendirikan PT. Apabila Anda bertujuan untuk mendirikan perusahaan mikro dan kecil, maka Anda disarankan untuk mendirikan Perseroan Perorangan.

Mengenal Jasa Pendirian PT Perorangan Lengkap dengan Syarat, Kelebihan dan Kekurangan

Mendirikan PT perorangan tidak serumit yang dibayangkan. Sekarang ini, banyak bermunculan jasa pendirian PT perorangan agar memudahkan pelaku bisnis memulai usaha dengan legalitas resmi.

Namun, mungkin banyak yang belum familiar dengan keberadaan PT usaha mikro kecil ini. Agar tahu seluk beluknya dengan lengkap, artikel kali ini akan mengupas mulai dari pengertian, syarat pendirian, kekurangan, kelebihan, perbedaan dengan PT dan CV serta pajaknya.

Pengertian Apa Itu PT Perorangan

Dunia maya menyuguhkan pilihan jasa pembuatan PT dan virtual office dan jasa pembuatan rekening PT yang lebih praktis. Pelaku usaha tinggal memenuhi kebutuhan persyaratan kemudian mendaftar di OSS secara online.

PT atau Perseroan Terbatas adalah sebuah badan hukum yang berfungsi untuk melakukan program usaha dengan modal saham mengikuti syarat dan ketentuan. Pemilik PT dalam sebuah badan usaha minimal 2 orang pemegang saham atau lebih.

Berbeda dengan PT perorangan, sebab hanya milik satu orang saja sebagai pengendali penuh dan sekaligus direktur. Otomatis segala keputusan kewenangan khusus pemilik PT tersebut.

PT perorangaan memberi peluang menggiurkan bagi orang yang sedang memulai usaha. Pilihan kembali ke masing-masing pelaku bisnis akan buat PT perorangan gratis atau melalui jasa pendirian PT perorangan.

Jika memilih menggunakan jasa layanan, perlu menyediakan biaya pembuatan PT perorangan supaya proses berjalan lancar. Tentunya dengan melengkapi syarat sesuai kebutuhan. Adapun contoh akta PT perorangan dan contoh PT perorangan sudah bisa dilihat melalui online.

Sehingga, tidak terlalu rumit untuk menyediakan dokumennya dengan cepat. Keberadaan PT perorangan memperlihatkan profesionalisme bisnis dan lebih terpercaya ketika akan menjalin kerjasama dengan pebisnis lain dan perbankan.

Syarat dan Dokumen Melalui Layanan Jasa Pendirian PT Perorangan

Berbagai kemudahan bisa didapat jika memiliki legalitas bisnis usaha PT perorangan dari instansi berwenang. Untuk mendapatkannya dapat melalui jasa pendirian PT perorangan yang ada di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Tangerang atau kota lainnya.

Dalam pembuatan PT perorangan virtual office dan pembuatan PT perorangan online membutuhkan syarat dan dokumen sebagai berikut:

1. WNI

Pendiri PT perorangan dan virtual office merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia.

2. Berusia Minimal 17 Tahun

Batas minimal usia pendiri usaha yaitu 17 tahun. Artinya pada umur tersebut pendiri sudah memiliki e-KTP untuk kemudahan syarat lain.

3. Hanya dapat mendirikan 1 PT perorangan dalam 1 Tahun

Pendiri usaha hanya dapat mendirikan 1 PT perorangan dalam 1 tahun.

4. E-KTP

Syarat daftar PT perorangan memiliki e-KTP agar jelas domisili, nama dan data pribadi lainnya.

5. NPWP Pendiri

Memiliki NPWP pendiri sebagai bagian dari pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha).

6. Mengisi Surat Pernyataan Pendirian

Pengisian surat pernyataan pendirian PT perorangan mencakup nama, jangka waktu, maksud tujuan, jumlah modal dasar, alamat dan data pendiri lengkap.

Surat pernyataan wajib diisi secara lengkap tanpa manipulasi data. Selanjutnya wajib cek nama sekali lagi agar meminimalisir kesalahan mengisi data.

7. Cakap Hukum

Pendiri PT perorangan harus orang yang mengerti dan cakap hukum agar proses legalitas lebih mudah. Contoh dalam pengurusan AHU (Administrasi Badan Usaha) hingga SKT (Surat Keterangan Terdaftar).

Selain itu bisnis dapat berjalan sesuai aturan untuk kemajuan lebih baik dari sebelumnya. Maka, legalitas memang penting dan jika tidak mau ribet dapat melalui jasa pendirian PT perorangan.

Kelebihan PT Perorangan

Membangun usaha selalu ada sisi positif dan negatifnya. Dari sisi negatif, layak untuk pengembangan lebih lanjut. Begitu pula dalam PT perorangan, banyak sekali kelebihan unit usaha kancah bisnis kecil mikro.

Kelebihan PT perorangan antara lain adalah:

1. Wewenang Penuh Bagi Pendiri Usaha

Pendiri usaha PT perorangan hanya satu orang yang berarti memiliki hak dan wewenang penuh untuk memutuskan berbagai hal terkait usaha. Pendiri dapat merangkap fungsi sebagai direktur, manajer, pelaksana harian dan lain sebagainya.

Mungkin terlihat sulit akan tetapi ada kemudahan yang didapat karena semua manajemen bisnis dapat tertangani dengan baik hanya dari satu ‘kepala’ saja. Gagal suksesnya usaha tergantung dari manajemen terbaik dari pendirinya.

2. Syarat dan Dokumen Pendirian Mudah

Syarat dan dokumen pendirian PT perorangan lebih mudah daripada jenis PT atau CV besar lainnya. Pendirian tidak perlu akta notaris tapi tetap ada SKT PT perorangan dan pajak PT perorangan.

Supaya tidak merepotkan dan ribet, ada baiknya menggunakan jasa pendirian PT perorangan sebab semua syarat dokumen dibantu mengurusnya.

3. Aturan Tidak Terlalu Banyak

Dalam menjalankan bisnis PT perorangan aturan sangat minim dan dapat digunakan untuk eksplor sebaik mungkin. Bisnis yang terus berkembang mengikuti trend lebih mudah mendatangkan keuntungan.

4. Keuntungan Hak Penuh Pemilik

Melalui jasa pendirian PT perorangan, membutuhkan biaya pembuatan wajar dan terjangkau. Padahal kelebihan dari PT perorangan hal penuh pemilik atau pendiri. Jadi, legalitas jelas dan keuntungan bisa berlipat ganda.

5. Minim Modal Usaha

PT perorangan memang difokuskan untuk pemilik usaha kecil mikro atau pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Modal usaha cukup minim dengan kekayaan bersih maksimal 50 juta. Untuk membentuk PT perorangan hasil penjualan paling tidak 300 juta dalam setahun.

Kelebihan PT perorangan sungguh menggiurkan sebab legalitas jelas dan paten memberi keleluasaan dalam melakukan eksplor bisnis agar lebih baik dari sebelumnya.

Kekurangan PT Perorangan

Banyak kemudahan lewat jasa pendirian PT perorangan, akan tetapi tetap ada kekurangannya. Kekurangan ini bisa menjadi pertimbangan ketika memulai bisnis.

Adapun kekurangan PT perorangan adalah sebagai berikut:

1. Resiko Tanggung Sendiri

Usaha kadang mengalami kerugian dan karena pendiri dan direktur PT perorangan adalah satu orang, maka resiko ditanggung sendiri.

2. Keberlangsungan Usaha Relatif Singkat

Sebagai instansi berwenang Kemenkumham PT perorangan memiliki kemudahan syarat tapi hal ini bukan berarti minim resiko juga. Hal yang sering terjadi dalam PT perorangan keberlangsungan usaha relatif singkat karena semua hal dikerjakan sendiri.

Apapun yang dibuat sendiri, diatur sendiri dan semua keputusan sendiri memang terlihat mudah. Akan tetapi apabila manajemen buruk, usaha dapat gulung tikar sebab tidak ada orang lain yang memiliki kewajiban memberi saran dan kritikan.

3. Manajemen Buruk

Pendiri usaha dengan administrasi bisnis buruk dan akses keluar masuk keuangan tidak jelas membahayakan kelangsungan bisnis. Manajemen bagus menjadi hal utama agar dapat terlihat akuntansi bisnis usaha seperti apa.

Apakah rugi, stagnan atau terdapat laba yang bisa diputar kembali untuk bisnis lebih lanjut. Pesan utama dalam mengelola PT perorangan dengan memaksimalkan manajemen bisnis terbaik untuk produktivitas bagus dan laba meningkat.

4. Kelonggaran Perizinan

Memilih jasa pendirian PT perorangan adalah kemudahan bagi pelaku usaha yang akan merintis bisnis. Kelonggaran izin sangat tinggi sehingga tidak terlalu rumit daripada PT yang biasa dan hal ini malah bisa disepelekan pebisnis.

Padahal kemudahan ini agar bisnis memiliki legalitas untuk berbagai kemudahan perbankan hingga kepercayaan bekerjasama dengan usaha lain.

5. Kurang Maksimal dalam Pengembangan Usaha

Setiap bisnis dengan manajemen buruk pada umumnya karena pendirinya kurang greget untuk pengembangan usaha. Dengan modal minim bukannya maksimal dalam usaha tetapi seenaknya dalam menjalankan bisnis.

Untuk itu butuh kesungguhan agar mendirikan PT perorangan memberi dampak positif apalagi didukung kemudahan pendiriannya. Adapun paling mudah membuatnya lewat jasa pendirian PT perorangan yang terpercaya dan berpengalaman.

Perbedaan PT Perorangan dengan PT Biasa

Buat PT online gratis dan berbayar bisa menyesuaikan keadaan dana masing-masing. Pada umumnya jasa pembuatan PT perorangan atau jasa pendirian PT memiliki berbagai penawaran lain agar tidak kesulitan dalam mengurus legalitas usaha.

Selain itu terdapat perbedaan PT perorangan dan PT biasa yang perlu mendapat perhatian, yaitu:

1. Modal

PT biasa modalnya lumayan besar dari beberapa pemodal sekaligus. Sedangkan PT perorangan pemiliknya otomatis sebagai pendiri dan pemodal sehingga modal lebih sedikit.

2. Tanggung Jawab

PT biasa memiliki tanggung jawab terbatas pada modal yang digelontorkan. Berbeda dengan PT perorangan karena tanggung jawab penuh ada pada pendiri atau pemilik modal.

3. Struktur Manajemen

Manajemen PT biasa lebih kompleks terdiri lebih dari satu orang dengan divisi masing-masing. PT perorangan lebih sederhana sebab pendiri sekaligus direktur, pelaksana harian, bagian produksi bahkan bisa jadi bagian keuangan juga.

4. Pajak

Pada umumnya, PT biasa memiliki pajak lebih tinggi daripada PT perorangan.

Jika modal sedikit dan berniat membangun bisnis lebih baik lagi, tinggal menghubungi jasa pendirian PT perorangan untuk membantu segala sesuatunya agar cepat dan praktis.

Perbedaan PT Perorangan dengan CV

Selain PT perorangan yang pembuatan lebih praktis melalui jasa pendirian PT perorangan, ada pula yang namanya CV. Apa beda PT perorangan dengan CV?

1. Badan Usaha

PT perorangan adalah badan usaha yang berbadan hukum dan pendirian sangat mudah melalui pembuatan PT online. Sedangkan CV badan usaha tidak berbadan hukum.

2. Pendiri

PT perorangan pendirinya hanya satu orang saja yang sekaligus sebagai pemegang saham, direktur dan yang lainnya. Pendirian CV bisa dilakukan apabila minimal 2 orang dan terdiri dari sekutu aktif dan pasif untuk pembeda pemilik modal dan pemilik keahlian.

3. Aturan

Aturan PT perorangan pada pasal 153 A ayat (1) Undang Undang Cipta Kerja Bagian Kelima Perseroan Terbatas. Aturan CV pada Pasal 19 Kitab Undang Undang Hukum Dagang (KUHD).

Dari perbedaan ini dapat menyimpulkan ketika ingin mendirikan usaha apakah berupa PT perorangan atau bentuk CV tergantung kondisi usaha yang akan dirintis.

Pajak PT Perorangan

Bisnis yang baik dengan mengikuti aturan yang berlaku salah satunya dalam pembayaran pajak. Terdapat 2 jenis pajak untuk PT perorangan, yaitu:

1. PPh atau Pajak Penghasilan

Saat melakukan bisnis terdapat dokumen penting yang harus dimiliki pelaku usaha yaitu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Penghasilan dari kegiatan usaha harus dilaporkan sebagai SPT tahunan PPh pelaku bisnis.

Pada intinya PPh yang dibayar adalah NPWP perorangan bukan NPWP badan usaha sehingga nilai nominalnya jauh lebih kecil.

2. PPN atau Pajak Pertambahan Nilai

Pajak berikutnya berupa PPN yang pendapatan bruto di atas 4,8 miliar. Dengan penghasilan sebesar itu maka wajib daftar Pengusaha Kena Pajak.

Bisnis apapun jika nominalnya sudah tinggi dengan laba cukup menguntungkan harus taat pajak. Agar semua berjalan lancar, memang sangat penting mengurus kepemilikan usaha melalui jasa pendirian PT perorangan dengan berbagai kemudahan yang ada.

Jasa Pendirian PT Perorangan Terpercaya Lengkap dengan Keunggulannya

Kebutuhan bisnis membutuhkan manajemen akurat dan legalitas jelas. Merintis usaha PT perorangan juga membutuhkan syarat dan dokumen tertentu dari Kemenkumham sebagai pihak terkait.

Namun, memilih jasa pendirian PT perorangan bukanlah hal yang mudah karena harus benar-benar yang terpercaya.

Salah satu rekomendasi biro yang memiliki banyak pengalaman dan menawarkan banyak layanan adalah Temanlegal.

Temanlegal menyodorkan dua paket unggulan pendirian PT perorangan yaitu Silver dengan biaya hanya 1 juta rupiah dan Gold dengan biaya hanya 1,5 juta saja.

Proses pengurusan hanya membutuhkan waktu 3-4 hari saja, sangat cepat karena dilakukan oleh tim profesional dan terpercaya.

Keunggulan dari Temanlegal antara lain:

1. Aman dan Terpercaya

Semua data dalam pendirian usaha aman dan terpercaya. Pelaku bisnis tidak perlu khawatir ada kebocoran data dari pihak tidak bertanggung jawab karena semuanya benar-benar dalam keamanan akurat.

2. Proses Cepat dan Mudah

Proses mengurus legalitas sangat mudah dan cepat. Apabila terjadi kendala pihak layanan akan membantu secara maksimal sehingga benar-benar jadi sesuai kebutuhan pelaku bisnis.

3. Konsultasi Gratis

Keunggulan lainnya adalah konsultasi gratis dan pelaku bisnis dapat bertanya apapun terkait legalitas. Jadi, jika masing bingung tentang urusan badan usaha dapat bertanya langsung pada Temanlegal.

Biaya dari pengurusan sangat terjangkau kategori murah dan pelayanan istimewa. Dikelilingi orang yang kompeten pada bidangnya dan profesional, kebutuhan legalitas usaha terjamin beres, aman dan cepat selesai.

Penutup

Mengembangkan bisnis dengan legalitas sangatlah penting tak terkecuali buat PT perorangan. Agar lebih praktis dapat menggunakan jasa pendirian PT perorangan Temanlegal yang sudah berpengalaman agar bisnis berkembang pesat omset dan laba meningkat.

Frequently Asked Questions

1. Berapa modal minimal pendirian PT perorangan?

Pendiri PT perorangan hanya satu orang saja dan modal minimal pendiriannya bisa dikatakan tidak ada. Cara cukup mudah dengan pengisi pernyataan pendirian badan usaha.

2. Berapa biaya untuk membuat PT perorangan?

Biaya pendirian PT perorangan melalui jasa layanan hanya mulai dari 1-1,5 juta rupiah saja dan bisa jadi dalam 3-4 hari kerja.

3. Apakah PT perorangan perlu akta notaris?

Kemudahan mendirikan PT perorangan adalah tidak membutuhkan akta notaris. Semua tanggung jawab ada pada pelaku bisnis atau pendirinya sehingga kewenangan penuh pada orang yang bersangkutan.

4. Apa keuntungan punya PT perorangan?

Keuntungan memiliki PT perorangan dengan fleksibilitas cukup besar dalam melakukan manajemen bisnis. Pengelolaan tunggal oleh pendiri sekaligus pemegang saham dapat melakukan keputusan tunggal dan strategi tanpa perlu konsultasi.

5. Apa perbedaan PT perorangan dan PT biasa?

PT perorangan hanya didirikan oleh satu orang pelaku bisnis sekaligus pemilik modal. Sedangkan PT biasa diatur oleh dewan direksi dan direksi yang memiliki tanggung jawab akan keberhasilan bisnis.